Social Icons

Pages

Selasa, 26 November 2013

Tutorial Desain Poster (Corel Draw)

yap! aku balik lagi bawain postingan tentang desain poster corel yang sungguh amat absurd. tapi keren lo.. (*muji diri sendiri)  ya.. keren kalo di liat dibawah sinar terang rembulan yang ada di planet pluto. tapi semoga bisa dijadiin inspirasi, ato seenggaknya dijadiin cover konser dangdut ntar di balai desa. wkwkwkw… hope u enjoy it! :D






1. Buka lembar baru, kemudian buatlah background dengan mengunakan rectangle tool dan berilah kombinasi warna pada background tersebut dengan menggunakan fill tool pada tool bar. Lau pilih fountain fill, setelah itu kombinasikan warna seperti contoh dibawah ini.
(untuk menambahkan kombinasi warna, kita bisa meng-klik 2 kali pada bagian kotak kombinasi warna yang tersedia. Dan jika ingin mewarnainya klik tanda segitiga tersebut, lalu pilih warna yang tersedia atau kita bisa memilih komposisi warna lain yang lebih detail dengan meng-klik others.)


2. Selanjutnya buatlah segitiga seperti dibawah ini dengan menggunakan  polygon tool pada toolbar dan aturlah point or sides yang ada diatas menjadi 3.setelah itu  letakkan titik tengah segitiga tersebut di puncaknya dengan cara menggesernya ke atas.
Langkah tersebut bertujuan untuk menjadikan titik tengah segitiga yang ada diatas itu sebagai titik perputaran ketika kita akan merotasinya. Kemudian, pilih arrange pada menu bar kemudian pilih transformation. Lalu pilih rotation, aturlah sudut dan jumlah duplikasi yang akan kita buat. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh berikut ini.


3. Setelah pengaturan selelsai, klik apply. Maka segitiga tersebut akan membentuk seperti gambar berikut ini. blok semua segitiga tersebut kemudian tekan ctrl+G untuk menggabungkan semua segitiga tersebut.

4. Berilah warna kemudian tempatkan gabungan segitiga tersebut pada background seperti gambar dibawah ini. kemudian klik gabungan segitiga, lalu pada menu bar pilihlah effect  kemudian pilih power clip > place inside frame, setelah itu akan muncul tanda panah hitam dan klik tanda panah itu pada background,maka secara otomatis gambar segitiga tersebut akan menjadi satu dengan background.


5. Kemudian bentuk pola seperti dibawah ini dengan Bezier tool yang ada pada tool bar. Kemudian susunlah ketiga pola tersebut menjadi seperti gambar disamping kanan.
                                                       
6. Setelah itu berilah warna putih pada pola tersebut. Jangan lupa beri warna putih pada outlinenya juga. Kemudian pilih transparency tool  untuk membuat corak transparan seperti berikut ini. dan lakukan transparansi pada tiap-tiap pola tersebut .

7. setelah itu blok pola-pola yang sudah tertaransparansi kemudian klik ctrl+g untuk menggabungkannya. Kemudian copy pola tersebut sehingga menjadi 2,kemudian susunlah pola tersebut seperti contoh berikut ini. dan gunakan effect power clip  untuk menggabungkannya dengan background. Setelah itu, pola dan background akan bergabung seperti gambar dibawah ini.

8. setelah itu, kita akan membuat pola spiral. Buatlah 3 lingkaran dengan ukuran yang berbeda, kemudian susun lingkaran tersebut seperti dibawah ini. lalu blok semua ketiga lingkaran tersebut dan gabungkan  (ctrl+g)

9. kemudian  pilih distort tool pada tool bar, kemudian pada menu presets yang ada di pojok kanan layar, pilih pola twister. Maka secara otomatis ketiga lingkaran tersebut akan menjadi seperti gambar dibawah ini. kotak yang berada di tengah tersebut digunakan untuk mengatur pola twister sesuai dengan apa yang kita inginkan.

10. setelah itu, klik pola tersebut lalu tekan ctrl+u  untuk memisahkan ketiga pola sehingga bisa kita bisa memberikan warna yang berbeda pada setiap pola yang telah dibentuk. Kemudian blok  dan gabungkan lagi ketiga pola tersebut dengan cara  ctrl+g. kemudian, kita bisa men-twister ulang hingga pola tersebut menjadi seperti gambar sebelah kanan.
                                    
11. selanjutnya copy pola tersebut dan letakkan seperti gambar berikut ini.

12. setelah itu tambahkan tulisan seperti contoh berikut ini. font yang diginakan seperti gambar dibawah ini ialah postinka job. Kita juga bisa menggunakan font lain sesuai dengan keinginan kita.

13. kemudian. Kita juga bisa menambahkan gambar lain dengan cara klik file > import >( pilih gambar ). contoh gambar yang akan kita gunakan ialah berikut ini.

14. karena gambar tersebut masih berbentuk jpg. Maka untuk bisa mengubah warnanya, terlebih dahulu kita harus mengubahnya kebentuk bitmaps dengan cara seperti berikut ini.

15.  kemudian, hasil dari  pengkonversian image jpg menjadi bitmaps, kita bisa  mewarnainya dengan menggunakan fountain tool seperti cara yang sudah dijelaskan diatas tadi. Disini, kita menggunakan kombinasi warna hitam,merah tua,dan merah. Maka hasilnya akan tampak seperti berikut.

16.  selanjutnya, letakkan image tersebut seperti contoh dibawah ini dan gunakan power clip untuk menggabungkannnya dengan background

17. pada langkah selanjutnya ialah, kita bisa menambahkan suatu logo sederhana. Seperti contoh berikut ini, kita bisa gunakan basic shape tool dan memilih  arrow shape. Setelah itu rotasikan sehingga menjadi vertikal dan berilah warna shape tersebut hingga seperti dibawah ini.
                           
18. copy shape tersebut, kemudian perkecil hasil copyan tadi dan susun seperti dibawah ini. jadi, shape yang berukuran besar ada dibawah, sedangkan shape yang lebih kecil berada diatasnya. Pada shape yang lebih kecil, kita bisa memberikannya warna lain seperti contoh dibawah ini.

19. kemudian, kita akan membuat tulisan dengan efek bayangan. Langkah pertama, buatlah tulisan seperti contoh dibawah ini. kemudian copy, lalu  berilah warna yang berbeda untuk copyannya tadi.
            
20. setelah itu susun 2 tulisan tersebut menjadi seperti berikut. pada tulisan dibawah ini, font yang bewarna hitam menjadi efek bayangannya.karena itu  buat ukurannya sedikit lebih besar dan atur posisinya.

21. kemudian gabungkan kedua tulisan tersebut dengan menekan  ctrl+g.  lalu letakkan tulisan tersebut diatas logo yang sudah dibuat tadi. Untuk contohnya, kita bisa mellihat gambar berikut ini.

22. kemudian gabungkan lagi shape dan tulisan tersebut. Kemudian letakkan hasil gabungan tadi seperti contoh dibawah ini. dan untuk hasil akhirnya, kita bisa menambahkan tulisan lain seperti contoh berikut.

6 komentar:

  1. trims ya u ilmunya..mohon ijin saya mau copy u d pelajari

    BalasHapus
  2. makasih banyak buat infonya gan,, sangat bermanfaat...

    http://toko-greenworld.com/

    BalasHapus
  3. Terimakasih, Postingannya sangat membantu

    BalasHapus
  4. thanks sngt bermanfaat,terutama yng sdng belajar.lanjut buat lagi

    BalasHapus
  5. makasih atas ilmunya gan, mau coba praktekin nih besok buat tugas TIK hehe...

    BalasHapus
  6. makasih yaa atas ilmunya gan,sangat membantu..

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text